Langsung ke konten utama

Apa Itu Blog dan Hubungannya Dengan Website

Tidak sedikit teman saya yang menanyakan apa perbedaan blog dan website.

Beberapa beranggapan bahwa website lebih keren daripada blog.

Beberapa malah tidak tahu (atau tidak ingin tahu) apa itu blog.

Baiklah. Beri saya waktu untuk meluruskan.

Blog (yang dulunya disebut web log) adalah salah satu jenis website yang kontennya tersusun secara kronologis. Fungsi utamanya adalah untuk menampilkan sesuatu yang ditulis oleh penulis blog sesuai dengan urutan waktu.

Dari definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa blog pastilah website, namun website belum pasti blog.

Jika digambarkan akan tampak seperti gambar berikut.


Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa blog itu tidak berbeda dengan website karena blog adalah website dengan fungsi yang spesifik.

Pernyataan yang tepat adalah blog berbeda dengan jenis website lain.

Apakah Blog Tidak Keren?


Keren? Tentu saja blog itu keren. Blog memiliki beberapa keunggulan dibanding jenis website lainnya.
Blog itu dinamis, cepat dan mudah ditambah isinya. Mesin pencari menyukai website yang isinya terus berkembang. Otomatis, blog disukai mesin pencari.

Blog juga memungkinkan pembacanya ikut berinteraksi melalui fitur komentar. Dari situlah muncul percakapan secara digital. Dan menurut saya, inilah yang menjadi cikal bakal media sosial.

Selain itu, blog juga terlihat seperti diary karena tersusun secara kronologis. Ini yang mejadi salah satu daya tarik blog. Siapa yang tidak tertarik membaca diary orang lain?

;-)

Blogging merupakan aktivitas yang menyenangkan apapun tujuan Anda. Cobalah mulai dari sekarang!

:-D

Blogger,


Muslim Aswaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw