Blog Baru (?) Saya

Pada bulan Januari awal tahun ini, saya membuat tiga blog baru. Salah satunya adalah blog ini, blog yang membahas tentang blogging. Salah satu yang lain adalah HaiKangMus!, blog yang saat itu saya rencanakan sebagai blog tentang desain blog.

Blog yang saya sebut terakhir kini telah berubah haluan. Blog tersebut kini saya gunakan untuk share kehidupan kampus saya. Mulai dari manajemen waktu, maupun mengatasi masalah saat mengerjakan tugas.

Sialnya, dua blog yang saya sebutkan tidak memiliki trafik yang menggembirakan.

Mengapa?

Ada beberapa sebab yang menjadikan kedua blog tersebut tidak ramai seperti blog yang satunya (meskipun juga tidak terlalu ramai). Beberapa alasannya adalah sebagai berikut.

  1. Belum menerapkan SEO (Search Engine Optimization) yang memadai. Bagaimana pun juga, mesin pencari merupakan sumber traffic yang menjanjikan.
  2. Belum memiliki perencanaan yang matang. Sebelumnya, saya memang telah membuat perencaan tentang isi blog-blog yang saya buat. Sayangnya, perencanaan tersebut kurang matang.
  3. Kurang fokus. Tugas, proyek, dan kegiatan-kegiatan yang datang bertubi-tubi membuat saya kewalahan dan malas mengurus blog-blog saya.
Mungkin masih ada beberapa alasan yang bisa saya paparkan, namun terlalu banyak alasan juga menurut saya kurang baik. :-)

Setidaknya, saya mengetahui beberapa hal yang harus saya benahi mulai sekarang. Saya memiliki rencana sebagai berikut.
  1. Membuat perencanaan yang matang. Setidaknya, saya akan manut dengan panduan dasar dari mbah Google.
  2. Menerapkan SEO. Lagi-lagi, saya akan menggunakan panduan dasar dari mbah Google.
  3. Fokus. Saya akan mendokumentasikan kegiatan blogging saya di blog ini.
Semoga ke depannya bisa lebih jelas lagi. Bismillah.
:-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Cara Meng-Install Apache Web Server dan PHP di Ubuntu