BelajarBahasaInggrisOnlineGratis: Tempat Belajar Bahasa Inggris Baru Untuk Saya

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Dari SD sampai kuliah, bahasa Inggris memang nggak ada habisnya. Sampai saya semester 4 ini pun, mata kuliah itu masih ada. Memang sih, bahasa Inggris penting untuk ke depannya. Apalagi, nanti pas mau lulus ada tes TOEFL dan sejenisnya juga.

Haiya.

Selama ini, nilai bahasa Inggris saya tidak jelek-jelek amat. Semester satu dapat A, Semester  dua juga dapat A. Semester tiga? Nilainya belum keluar. -_-

Jadwal Kuliah Semester 4 - screenshot dari Online MIS

Setidaknya, saya belum pernah mendapatkan nilai di bawah B pada mata kuliah Bahasa Inggris. :v

Padahal, skill bahasa Inggris saya bisa dibilang pas-pasan. Saya sering salah pas bikin kalimat. Vocabulary juga nggak banyak. Cuma mengandalkan ingatan dari apa yang pernah saya baca saja. Cara pengucapan huruf dan kata pun saya sering kebingungan.

Nah. Karena saya mawas diri (eak), akhirnya saya memutuskan untuk belajar bahasa Inggris mulai dari awal lagi. Barangkali saya bisa menjadi ahli dalam menggunakan bahasa Inggris di kemudian hari. Aamiin. -/\-

Saya malas membeli buku lagi, apalagi ikut kursus. Lagi bokek, bro. :v

Opsi andalan saya adalah mencari blog yang menyediakan layanan belajar bahasa Inggris secara gratis. Alhamdulillah, ada banyak situs dan blog yang menyediakannya.


Dan Akhirnya Saya Memilih


Seperti kebanyakan netizen pada umumnya, saya pasti langsung nge-klik link yang ranking satu di Google. Dan blog yang beruntung tersebut adalah Belajar Bahasa Inggris Online Gratis. Alamatnya ada di http://belajarbahasainggrisonlinegratis.blogspot.com/.

Ieuh. Alamat yang sangat menyeramkan menurut saya. Kepanjangan. :v

Bagaimana pun juga, blog ini terbilang lengkap dan mudah dipelajari, setidaknya menurut saya. Meskipun domainnya masih gratisan, ada iklan meskipun tidak banyak, dan template-nya juga standar blogspot, namun fiturnya lumayan lengkap. Blog ini punya fanspage Facebook yang likers-nya mencapai sekitar 16 ribu dan akun Google+ yang memiliki 1451 followers saat saya menulis ini.

Selain itu, blog ini juga menjual ebook kumpulan artikelnya dengan harga yang murah menurut saya. Berhubung artikel di blog ini tidak bisa di-copas, ini tentu lumayan bermanfaat. Meskipun begitu, saya tidak membelinya. Mental-mental gratisan, sih. :v

Pemilik blog ini juga terlihat cukup serius dalam memberi les bahasa Inggris. Beliau menyediakan grup BBM, LINE, WhatsApp, Facebook, dan Yahoo Mesengger sebagai media pembelajarannya.

Saat saya baca-baca artikelnya, beliau pun sepertinya memiliki layanan kursus offline. Semangat ya, Pak/Bu. :-D

Saya tetep belajar gratis step by step dari blog-nya. :-D

Cara Saya Belajar


Nah. Karena saya belajar secara gratisan, tentu saya tidak mendapatkan fasilitas selengkap mereka yang tergabung menjadi member di grup-grup tadi. So, saya harus mengakali cara belajar yang sesuai dengan saya.

Karakter belajar yang terbentuk di politeknik menuntut saya banyak praktik daripada berteori. Jadi, cara belajar saya begini.


Contoh pengaplikasiannya adalah sebagai berikut.

  • Hari ini, saya mempelajari artikel tentang "English Alphabet".
  • Keesokan harinya saya belajar "Numbers".
  • Saya membaca artikel tersebut kurang dari satu jam. Bahkan pada artikel hari ini, saya mempelajarinya kurang dari setengah jam.
  • Saya mempraktikkan contoh yang ada di situ. Dalam kasus ini, mengeja alfabet dan menirukan suara yang ada pada video yang disertakan.
  • Kemudian, saya membukua Twitter. Saya mempraktikkan pengejaan pada tweet-tweet yang muncul pada stream saya. Sampai saya bosan.

Begitulah kira-kira.

Semoga bermanfaat.

Wallahul muwafiq ilaa aqwaamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Penamaan Tabel yang Baik di Database: Plural atau Singular?