Shortcurt Copy dan Paste di Terminal

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Pada artikel saya sebelumnya, saya telah mencatatkan cara meng-install Composer dan cURL di Ubuntu 16.04. Beberapa langkah pada tutorial tersebut membutuhkan interaksi dengan Terminal. Ada yang membutuhkan sedikit pengetikan, namun ada juga yang membutuhkan banyak pengetikan. Aktivitas tersebut akan banyak ditemui pada artikel-artikel selanjutnya.

Sebenarnya, agar lebih hemat waktu, contoh perintah yang panjang tersebut bisa di-copy-paste. Untuk masalah copy dan paste dari luar Terminal, pasti sudah banyak yang tahu shortcut-nya, yaitu Ctrl+C untuk copy dan Ctrl+V untuk paste. Namun, apabila dicoba pada Terminal, kedua shortcut tersebut tidak bekerja seperti program lain pada umumnya.

Mungkin ada beberapa yang menggunakan fitur klik kanan lalu mengeklik Copy atau Paste. Cara tersebut memang berhasil, namun masih kurang praktis karena harus bolak-balik berpindah antara mouse/touchpad dengan keyboard.

Sebenarnya, ada cara yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan shortcut dari Terminal, yaitu sebagai berikut.

  • Ctrl + Shift + C untuk copy
  • Ctrl + Shift + V untuk paste

Kedua shortcut tersebut tersedia khusus di Terminal.

Penutup

Dengan menggunakan kedua shortcut tersebut, tentu produktivitas Anda bisa meningkat drastis. Bandingkan waktu yang Anda gunakan untuk menekan ketiga tombol tersebut dengan melakukan klik kanan, atau bahkan dengan mengetikkannya secara manual.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Cara Meng-Install Apache Web Server dan PHP di Ubuntu