Cara Install DBeaver Up-To-Date di Ubuntu 22.04

 

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad.

Singkatnya, kita bisa menggunakan command sudo apt install dbeaver-ce. Tapi, tentu kita perlu melakukan beberapa hal terlebih dahulu.

Mengenal DBeaver

DBeaver merupakan aplikasi yang bisa kita gunakan untuk mengelola berbagai macam database. Kita bisa melakukan hal-hal yang biasanya bisa kita lakukan di phpMyAdmin, pgSQL, dan lain sebagainya.

Hal yang sangat menarik dari aplikasi ini adalah dia bisa kita gunakan untuk berbagai macam jenis DBMS. Misalnya, kita bisa menyambungkannya dengan MySQL, MariaDB, PostgreSQL, SQL Server, SQLite, dan lain sebagainya. Anda bisa membaca selengkapnya pada website resminya di sini.

Hal menarik lainnya adalah dia cross-platform. DBeaver bisa kita gunakan di Ubuntu, Windows, bahkan MacOS. Tentu pada artikel kali ini, kita akan fokus membahas instalasi di Ubuntu.

Saya Sudah Mencobanya, Tetapi Tidak Berhasil

Apabila Anda langsung mengeksekusi command yang kita bahas pada bagian pertama artikel ini tanpa melakukan langkah persiapan yang akan kita bahas, mungkin Anda tidak akan berhasil menjalankannya.

Kemudian, jika Anda menyerah untuk meng-install via apt, Anda mungkin akan coba meng-install-nya melalui file *.deb yang tersedia di website resminya. Dulu, saya juga menggunakan cara install langsung file *.deb-nya. Namun, saya sekarang lebih suka meng-install-nya via apt. Mengapa?

Mengapa Kita Sebaiknya Meng-Install DBeaver Menggunakan Command APT

Hal utama yang menurut saya harus menjadi perhatian adalah karena kita bisa meng-update DBeaver secara lebih cepat jika meng-install-nya via APT. Kita tinggal melakukan update seperti biasa menggunakan sudo apt update dan sudo apt upgrade beserta aplikasi lain di sistem kita.

Apabila kita menggunakan installer versi *.deb dari DBeaver, kita perlu download dan install secara manual lagi DBeaver-nya.

Dan ada satu hal yang perlu kita ketahui adalah DBeaver sering melakukan update dan notifikasinya sangat mengganggu.

Persiapan

Setelah kita mengetahui hal-hal di atas, mungkin kita juga memiliki pemikiran yang sama mengenai instalasi DBeaver di Ubuntu 22.04. Untuk itu, kita perlu menyiapkan beberapa hal.

Pertama, kita buka dulu Terminal dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + T (saya sudah sering membahasnya pada beberapa artikel sebelumnya). Berikut adalah tampilan Terminal apabila berhasil dibuka.

Kemudian, kita perlu mendaftarkan repository dbeaver-ce ke perangkat kita. Hal ini agar kita bisa menjalankan perintah sudo apt install dbeaver-ce pada awal artikel ini. Perintah tersebut tidak akan berhasil dijalankan jika kita belum menambahkan repository-nya karena, secara default, Ubuntu 22.04 tidak menyimpan repository dbeaver-ce di dalam paket instalasinya.

Kita bisa menjalankan perintah berikut untuk menambahkannya.

sudo add-apt-repository ppa:serge-rider/dbeaver-ce

Sistem akan secara otomatis menjalankan perintah sudo apt update untuk memperbarui sumber data perangkat lunak yang bisa kita install pada perangkat kita. Berikut adalah tampilan ketika proses sedang berlangsung.

Apabila proses berjalan dengan lancar, kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut.

Bagus. Sekarang, saatnya kita membahas acara intinya.

Instalasi DBeaver

Tanpa perlu belama-lama, mari kita jalankan saja perintah yang telah kita bahas pada awal artikel ini.

sudo apt install dbeaver-ce

Apabila kita diminta untuk memasukkan password, kita masukkan saja. Berikut adalah tampilan ketika proses instalasi sedang berjalan.

Apabila instalasi berhasil, kita akan mendapatkan tampilan seperti di bawah.

Bagus. Sekarang, seharusnya DBeaver sudah terpasang pada perangkat kita. Kita coba cari di daftar aplikasi yang sudah terpasang. Kita bisa membukanya dengan menekan tombol Super atau Logo Windows. Kita juga bisa melakukannya dengan mengeklik icon Show Applications (icon dengan titik sembilan). Icon ini biasanya bisa kita temukan di pojok kiri bawah layar kita. Tampilannya seperti berikut.

Selanjutnya, coba kita ketikkan dbeaver di kotak pencarian. Apabila berhasil ditemukan, kita akan mendapatkan tampilan seperti berikut.

Mari kita jalankan dengan mengeklik icon tersebut. Apabila aplikasi berhasil dibuka, kita akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini. 

Selamat! DBeaver sudah bisa kita gunakan.

Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. https://dbeaver.io/download/

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Cara Mengakses RabbitMQ Management Console di Ubuntu 22.04