6 Blogger Sukses Asal Indonesia

Pertama kali saya termotivasi menjadi seorang blogger adalah karena membaca kisah para blogger yang sudah sukses. Sebelumnya saya tidak menyangka bahwa aktivitas blogging bisa menghasilkan  penghasilan sebanyak itu. Menurut saya, hal tersebut keren sekali.

Dari pengalaman saya tersebut, saya berpikir bahwa dengan membaca kisah sukses para tokoh legendaris (dalam dunia blogging tentunya) bisa membangkitkan gairah untuk memulai blogging. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kisah singkat para blogger yang saya sebut sukses. Tentu saja agar Anda ikut termotivasi menjadi blogger sebagaimana saya termotivasi. Artikel ini juga sebagai bahan bacaan saya ketika semangat blogging saya meredup.


Ukuran sukses menurut setiap orang biasanya berbeda-beda. Untuk menyamakan persepsi tentang bagaimana blogger yang sukses, saya akan memberikan beberapa parameter, yaitu: banyak blogger yang mengenalnya, menjadi panutan blogger lain, dan penghasilannya sudah melimpah.

Oke, tanpa basa-basi yang panjang lagi, inilah enam blogger yang sukses asal Indonesia versi MusHelp!

:-)

1. Herman Yudiono


Saya pikir sudah banyak yang mengenal Pak Yudiono ini. Beliau adalah full time blogger yang sebelumnya adalah manajer mutu laboratorium di sebuah perusahaan tambang nikel asing. Sebelum memutuskan menjadi full time blogger, gaji pokok beliau per bulannya mencapai lebih dari $2.000. Jika Anda tidak percaya, silahkan cek buktinya di sini.

Gila, bukan?

Beliau rela melepas status karyawan dan gaji besarnya demi menjadi full time blogger. Tentu beliau tidak akan melakukan hal berisiko seperti itu jika tidak yakin bisa lebih sukses kemudian. Benar saja, beberapa waktu kemudian melalui blog-nya beliau mengabarkan bahwa penghasilannya dari Infolinks saja mencapai $2.682.

Kalau sudah begini, saya yakin bahwa Anda juga berpikir bahwa beliau pantas masuk daftar blogger sukses dari Indonesia.

2. Muhammad Noer


Bapak Muhammad Noer adalah salah satu murid Yaro Starak dalam dunia blogging. Beliau juga sekarang menjadi full time blogger selain juga menjadi trainer lepas. Beliau sebelumnya bekerja sebagai human resource development di Unilever.

Blog yang ditulis oleh beliau memiliki beberapa topik, yaitu presentasi, membaca cepat, mind map, dan pengembangan diri. Penghasilan yang dia dapatkan adalah dari member premium pelatihan online-nya. Mungkin model mencari uang seperti ini kurang populer bagi blogger Indonesia yang mengandalkan iklan. Dan mungkin itulah yang menjadi alasan bahwa beliau jarang dibicarakan di forum-forum blogger yang saya ikuti.

Dengan pelanggan blog yang mencapai dua puluh ribu dan premium member yang mencapai seribu orang, saya rasa beliau layak masuk pada daftar blogger sukses di Indonesia.

3. Medhy Aginta


Saya mengenal dunia blogging pertama kali dari beliau. Jika Anda pernah mengunjungi blog-nya, Anda akan merasakan betapa baik hatinya beliau mau membagikan tips mencari uang lewat blog secara gratis.

Beliau pernah dua kali terpilih sebagai finalis blog berbahasa Indonesia terbaik dalam kompetisi blog internasional Desutsche The BOB's. Beliau juga berulang kali muncul di media digital dan pernah diwawancarai di stasiun televisi swasta.

Meskipun sebenarnya aktivitas blogging beliau adalah kegiatan paruh waktu, beliau tetap bersungguh-sungguh dalam menjalaninya. Dan lagi, banyak ilmu yang bisa kita peroleh darinya. Salut untuk Pak Medhy Aginta.

4. Eka Lesmana


Untuk blogger yang satu ini, saya yakin banyak blogger yang sudah mengenalnya, atau paling tidak pernah mendengar namanya. Siapa yang tidak kaget mendengar ada anak desa yang hanya lulusan SMP bisa jadi kaya raya dari aktivitas blogging?

Mungkin banyak yang berdecak kagum. Mungkin ada yang menganggapnya biasa saja.

Dia (saya memakai sebutan ini karena umurnya tidak terpaut jauh dengan saya) pernah bekerja sebagai tukang angon bebek, kuli, dan kerja serabutan lainnya. Kisahnya bertemu dengan pemilik toko online menjadi suatu loncatan besar dalam hidupnya. Dia mulai belajar membuat toko online.
Setelah itu, dia juga pernah tertipu bisnis MLM, membeli e book sampah, dan kegiatan buang-buang uang lainnya. Meskipun namanya bang-buang uang, namun dia mendapatkan ilmu yang berharga darinya.

Beberapa waktu kemudian, dia bertemu dengan publisher Google Adsense yang dia sebut sebagai gurunya. Dari situ, dia mulai belajar blogging.

Singkat cerita, dia sudah menjadi salah satu blogger yang paling hits di kalangan blogger Indonesia.
Luar biasa!

5. Cosa Aranda


Jika dari tadi Anda mencari blogger yang pernah kuliah tapi drop out, selamat! Anda telah menemukan orang tersebut pada blogger sukses nomor lima versi saya.

:-)

Beliau adalah jebolan drop out jurusan teknik komputer ITS Surabaya. Kebetulan, saya berkuliah di kampus sebelahnya ITS, yaitu PENS (a.k.a. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya). Jangan-jangan saya bisa mengikuti jejaknya, namun saya harap bukan drop out-nya.

:v

Beliau pernah bergelut pada bisnis toko online, PTC (Paid To Click), dan pada akhirnya menjadi publisher Google Adsense. Inspiratif sekali.

6. Sugeng Riyadi


Ini dia blogger yang menjadi idola para blogger. Beliau dulunya belajar blogging dari handphone. Setelah beberapa lama blogging dan mulai mendapatkan penghasilan darinya, akhirnya dia dapat membeli laptop sendiri.

Uniknya, Mas Sugeng mulai blogging pada tahun yang sama dengan saya, yaitu pada tahun 2010. Namun sayang, kami beda nasib. Mas Sugeng kini sudah sukses, dan saya berusaha mengejar kesuksesannya. Tak apalah.

:-)

Meskipun banyak blogger asal Indonesia belum masuk daftar saya, bukan berarti mereka tidak sukses. Tentu banyak yang sukses. Mungkin Anda yang sedang membaca artikel ini termasuk salah satunya.

:-D

Atau mungkin Anda mengetahui nama blogger asal Indonesia yang menurut Anda sukses? Jangan segan mencantumkannya pada form komentar.

Blogger,


Muslim Aswaja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Cara Meng-Install Apache Web Server dan PHP di Ubuntu