Langsung ke konten utama

Blog Ini Ganti Topik (Lagi)

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Barusan, saya membaca inbox dari autoresponder blog milik Yaro Starak, Entrepreneurs-Journey. Pesan yang saya tangkap dari blog itu adalah "jika kamu ingin blog-mu sukses, bantulah seseorang". Well. Sesuatu yang mungkin belum saya lakukan dengan beberapa blog yang baru saya buat.


Blog yang saya buat bersamaan dengan blog ini rata-rata jarang membantu orang, menurut saya. Bagaimana bisa membantu, artikelnya saja baru sedikit. Saya kesulitan membuat konten yang sesuai dengan tema yang saya tentukan. Misalnya pada blog ini, saya menentukan topiknya adalah tentang blogging. Ternyata, saya kurang minat menulis dengan topik itu. Ya, jadinya seperti ini.

Alasan lain mengapa blog saya kurang bermanfaat adalah karena visitor-nya sedikit. Bagaimana saya bisa berbagi ilmu dan bermanfaat bagi orang banyak ketika pengunjungnya sedikit? Tentu susah sekali.

Alasan kedua sebenarnya berhubungan erat dengan alasan pertama. Pengunjung blog saya sedikit adalah karena memang tulisannya sedikit. Selain itu, saya juga jarang memasarkannya. Saya kekuranagan minat mengurusnya.

Sekarang, saya berniat untuk bangkit. Saya akan mengganti topik blog ini sesuai dengan minat saya. Kebetulan, saya punya minat menulis sesuatu yang belum saya salurkan sepenuhnya pada blog. Topik tersebut adalah tentang kuliah di jurusan teknik informatika. Lebih khususnya, kuliah di program studi D3 Teknik Informatika Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dengan menggunakan laptop dual-boot.

Wow. Saya tercengang.

Dan itulah yang akan saya jadikan blog ini. Secara umum, blog ini akan membahas tentang tugas-tugas dan apa saja yang berhubungan dengan teknik informatika beserta kehidupan sebagai mahasiswa.

Tunggu dulu. Siapa yang saya bantu atau saya jadikan sasaran pembaca blog ini?

Jawabannya adalah: saya sendiri.

Saya menggunakan blog ini untuk menyimpan catatan saya selama kuliah, tugas-tugas saya, dan semua hal yang saya minati tentang teknik informatika. Semua senang.

Terdengar oke sekali. Kebetulan juga saya punya banyak tugas yang belum saya kerjakan. Oke. Agaknya blog ini akan penuh dengan tugas-tugas saya. :-)

Semoga blog ini bermanfaat bagi banyak orang kemudian. Aamiin.

P.S. Sebelumnya, saya telah mencoba merekam aktivitas kuliah saya di Google+. Klik di sini, lalu silahkan tambahkan saya di lingkaran Anda. :-)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw