Langsung ke konten utama

Dua Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengunduh Halaman Web

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Beberapa hari yang lalu, saya dipanggil untuk membimbing privat siswa salah satu SMA di Surabaya. Dia mencoba memodifikasi halaman web sekolahnya yang telah diunduh. Hal tersebut dia lakukan untuk dikumpulkan sebagai tugas mata pelajaran komputer. Dari gerak-geriknya, dia terlihat masih pemula dalam hal mengedit web.

Dia merasa khawatir ketika meng-edit file yang telah dia unduh, "jangan-jangan, web aslinya ikut rusak," begitu yang dipikirkannya. Dia juga merasa bingung ketika halaman yang dia lihat kok tidak sesuai yang telah dia edit setelah suatu link diklik. Saya pun harus menjelaskan panjang lebar mengenai hal tersebut.

Hal Tersebut mungkin juga akan saya temui di kemudian hari saat membimbing orang lain. Jadi, saya membuat catatan ini saja saat saya tiba-tiba ditanyai lagi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengunduh halaman web adalah sebagai berikut.

1. Halaman yang Anda Unduh Tidak Benar-benar Lengkap

Ketika membuka kembali halaman yang telah Anda unduh, kemungkinan Anda akan mendapati tampilan yang kurang mengenakan. Bisa saja tata letaknya tidak karuan atau bisa saja gambar yang seharusnya ada malah tidak muncul.

Gambar 1. Beberapa Gambar Tidak Muncul

Hal tersebut disebabkan halaman yang Anda unduh tidak benar-benar lengkap. Meskipun halaman yang Anda unduh sudah menyertakan gambar-gambar yang seharusnya ada, bisa jadi ada beberapa file yang tidak ikut terunduh dan hanya bisa diakses melalui website aslinya.

Hal tersebut semakin parah ketika Anda tidak terhubung dengan internet. Hal ini karena memang ada beberapa file yang hanya bisa ditampilkan saat Anda dalam kondisi daring (dalam jaringan).

2. Anda Hanya Mendownload Satu Halaman, Bukan Keseluruhan Web

Ketika mengeklik link yang ada pada halaman yang Anda unduh, Anda akan diarahkan pada halaman web aslinya. Dan ini menimbulkan masalah, antara lain sebagai berikut.
  • Anda mungkin merasa menemui halaman yang Anda inginkan ketika daring, namun tidak bisa meng-edit-nya. Jelas saja Anda tidak bisa meng-edit-nya karena memang halaman yang Anda buka belum terunduh.
  • Ketika Anda dalam kondisi luring (luar jaringan), Anda akan menemui halaman error atau halaman web tidak ditemukan. Hal ini disebabkan Anda mencoba membuka halaman yang memang hanya bisa diakses ketika online. Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dan menghubungkan halaman tersebut dengan link yang Anda inginkan untuk membuatnya aktif saat luring.
Gambar 2. Halaman Tidak DItemukan

Penutup

Dua hal sederhana tersebut biasanya membuat bingung bagi yang baru pertama berhubungan dengan dunia web dan belum memahami dasar-dasarnya. Dengan memahami dua hal di atas, saya rasa agak sedikit memberikan pemahaman bagi yang sebelumnya belum tahu. Apabila Anda merasa masih ada bagian yang kurang jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw