Langsung ke konten utama

Saya Dulu Suka Melakukan Hal Buruk Ini

 Bismillahirrohmaaniroohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad.

Dulu, saya selalu merasa sakit hati ketika saya terkena cipratan air di jalan karena dilewati kendaraan. Hal itu membuat saya selalu memanfaatkan "momen yang baik" ketika di jalan: sengaja mencipratkan genangan air di jalan ke pengendara lain.

Oke. Itu memang tidak baik.

Namun, sekarang saya sudah malas melakukannya lagi.

Well, memangnya apa yang terjadi dengan saya hingga bisa seperti itu?

Kali ini, saya ingin membahas sebab saya bisa memiliki pemikiran seperti itu. Beberapa sebab ini pernah saya ceritakan ke salah satu sahabat saya.

Pertama, saya mencoba menduga apa yang terjadi dengan saya ketika saya sampai bisa ngebut dan mencipratkan air di jalan hingga seperti itu.

Mungkin saya sedang terburu-buru dalam keadaan genting. Mungkin ada barang saya yang tertinggal. Mungkin deadline pekerjaan saya sudah dekat.

Siapa tahu?

Akhirnya, saya bisa lebih menerima ketika baju saya jadi kotor karena cipratan tersebut.

Kedua, saya mencoba berpikir, memangnya kenapa kalau baju saya kotor? Oh mungkin najis sehingga tidak bisa dipakai untuk salat.

Kemudian saya menanyai diri saya sendiri, "apa yang bisa saya lakukan?" Oh, saya masih bisa ganti baju atau menyiramnya saja dengan air suci mensucikan. Beres.

Sebenarnya, solusinya tidak terlalu sulit.

Well, ngebut di jalan hingga mencipratkan air ke pengendara lain memang bukan hal baik. Jika sudah tahu begitu, kita sebaiknya tidak melakukannya.

Namun, bagaimana jika orang lain yang melakukan hal tersebut? Tentu kita tidak perlu terlalu memusingkannya karena sebenarnya solusinya tidak serumit itu.

Apalagi jika yang terciprat bukan Anda. Anda bahkan sebenarnya tidak perlu memikirkan solusi sama sekali.

Fokus saja pada apa yang bisa Anda lakukan.

Selama itu Anda rasa baik, teruskan.

Wallahul muwafiq ilaa aqwaamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw