Hei, Saya Tersertifikasi Dalam Bidang Clean Code!

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad.

Yo, Saya mau pamer!

Saya sekarang memiliki sertifikat dalam bidang clean code yang berlaku seumur hidup. Dengan sertifikat ini, bisa diasumsikan bahwa saya memiliki kompetensi dalam hal per-clean code-an.

Mungkin, saya akan menulis beberapa artikel mengenai clean code di kemudian hari.

Haha.

Sayangnya, sertifikat yang saya miliki ini bukanlah sertifikat berjenis lulus kompetensi yang membutuhkan serangkaian tes (seperti sertifikat dari dicoding.com atau freecodecamp.org yang baru bisa didapatkan setelah lulus tes). 

Sertifikat yang saya miliki ini berjenis sertifikat penyelesaian Sertifikat yang diberikan ketika kita berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian kursus. Artinya apa? Artinya adalah belum tentu saya kompeten dalam bidang itu. Saya hanya menyelesaikan kursus!

Berikut adalah tampilan sertifikat saya yang diberikan oleh Udemy.

Kursus online mengenai clean code tersebut dibuat oleh Maximillian Schwarzmuller, salah satu instruktur favorit saya di Udemy. Saya sudah membeli beberapa kursus yang dibuat olehnya, sudah memulai beberapanya, dan baru menyelesaikan satu kursus ini.

Hehe.

Anyway, meskipun ini hanya sertifikat penyelesaian kursus, saya merasa cukup bangga karena sudah berhasil menyelesaikannya. Menyelesaikan suatu kursus itu tidak mudah. Buktinya, saya baru berhasil menyelesaikan total 2 kursus dari lebih dari 10 kursus yang saya beli di Udemy.

Beberapa hal yang saya pelajari dari kursus tersebut juga saya coba aplikasikan di dunia nyata (misalnya mengenai Fail Fast). Ilmu yang tidak diamalkan bagaikan pohon yang tidak berbuah.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS