Langsung ke konten utama

Tugas Normalisasi Database Bagian 1

Bismillahirrohmaaniirrohiim. Alhamdulillahi Robbil ‘Alamiin.

Mungkin sebagian dari Anda menunggu kelanjutan dari artikel pembuatan form pernikahan pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Mungkin juga Anda tidak peduli. Namun, biarlah saya katakan satu hal.

DEADLINE-NYA DIUNDUR.

Alhamdulillah.

Saya bingung. Saya harus bahagia atau harus bersedih. Saya pantas bahagia karena tugas tersebut belum saya selesaikan. Sedih juga pantas saja karena kami tidak diberitahukan kapan tugas tersebut dikumpulkan.

Yeah. Kami hanya bisa menerima dan menunggu follow up-nya.

Saya belum menyelesaikan tugas itu pun ada alasannya. Pagi harinya, saya ada meeting dengan klien. Siang hari, saya mulai melakukan koding untuk form tersebut. Sore harinya, saya istirahat sejenak. Malam hari sampai subuh, saya mengerjakan form itu lagi.

Itu pun masih banyak yang perlu dibenahi karena struktur database dan perencanaan halaman yang kurang pas. Sampai sekarang pun, tugas tersebut belum selesai. Namun, setidaknya kami bisa bernafas lega karena deadline-nya tiba-tiba diundur oleh dosen kami, Pak Nur Rosyid.

Terima kasih, Bapak. :’)

Tugas Normalisasi Basis Data


Namun, kegembiraan saya ternyata tidak bisa dirayakan begitu saja. Saya baru ingat bahwa ada tugas yang seharusnya dikumpulkan kemarin malam: normalisasi database.

Sebenarnya, saya sudah mengerjakannya di lembaran kertas. Saya tinggal memasukkannya ke dokumen, lalu men-submit-nya di e-learning PENS.

Sayangnya, saya ingin memperbaikinya karena saya merasa ada yang kurang beres dengan pekerjaan saya. So, saya mau mengulanginya dari awal. Meskipun sebenarnya sudah sangat telat. :’)

Rencana Saya


Rencana saya malam ini adalah menyelesaikan tugas tersebut lalu men-submit-nya. Saya juga punya rencana mengerjakan tugas basis data yang satunya lagi. Ya. Yang satunya lagi ini deadline-nya besok siang. :’D

Oke. Rencana saya begini.

1. Download Materi (Senin)
2. Buat Functional Dependency (Selasa)
3. Normalisasi 1 (Selasa)
4. Normalisasi 2 (Selasa)
5. Normalisasi 3 (Selasa)
6. Submit (Selasa)

Simpel, bukan?

Oke, mari bekerja.

Semoga pengerjaan tugas ini lancar dan bisa diterima oleh dosen saya. Aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw