Rencana Membuat Tampilan Baru Mushelp

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Akhir-akhir ini saya kepikiran untuk melakukan aktivitas blogging lagi. Tentu saya harus mengerahkan pikiran, waktu, dan energi untuk melakukannya. Saya juga harus berusaha fokus kembali dengan goal yang saya inginkan untuk blog yang saya buat. Untuk blog ini, Mushelp, saya ingin fokus pada web development-nya.

Semangat baru ini membuat saya merasa menjadi blogger baru lagi. Seperti biasa, saya selalu semangat untuk melakukan re-design. Hal ini saya lakukan agar saya merasa blog ini fresh seperti baru lagi. Tahu sendiri lah, desain bawaan dari blogger, meskipun tidak jelek, rasanya kok pasaran sekali.

Maka dari itu, saya mulai merencanakan pembuatan desain untuk blog ini lagi. Saya ingin menerapkan desain yang mobile-first agar nyaman diakses dari ponsel. Keputusan ini saya ambil, mengingat pengunjung terbanyak nomor duanya adalah perangkat seluler. Data tersebut saya dapatkan dari statistik blog saya yang bisa dilihat pada gambar berikut.


Gambar 1. Statistik Blog Saya Pada Awal Maret 2018


Dalam proses pembuatan desain itu, saya sudah memulainya dengan sedikit oret-oret di atas kertas. Tentu yang saya buat adalah desain untuk perangkat seluler terlebih dahulu. Halaman yang telah saya buat adalah untuk item page (halaman artikel tunggal) dan index page (halaman awal). Oret-oret tersebut seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Gambar 2. Oret-oretan desain blog

Rencananya, saya akan membuat mockup-nya terlebih dahulu menggunakan Inkscape. Setelah mockup jadi, baru saya akan memulai implementasi kodingnya.

Dalam kodingnya sendiri, saya akan menggunakan W3.CSS dan W3.JS, library favorit saya dalam men-develop front-end web.

Berikutnya, saya akan mencoba merancang oret-oret halaman static page, search page, dan error page. Semoga lancar dan barokah. Aamiin.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.

Referensi
  1. https://amprandom.blogspot.co.id/2017/01/7-blogger-pagetypes-most-used.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Cara Meng-Install Apache Web Server dan PHP di Ubuntu