Dua Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengunduh Halaman Web

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin.

Beberapa hari yang lalu, saya dipanggil untuk membimbing privat siswa salah satu SMA di Surabaya. Dia mencoba memodifikasi halaman web sekolahnya yang telah diunduh. Hal tersebut dia lakukan untuk dikumpulkan sebagai tugas mata pelajaran komputer. Dari gerak-geriknya, dia terlihat masih pemula dalam hal mengedit web.

Dia merasa khawatir ketika meng-edit file yang telah dia unduh, "jangan-jangan, web aslinya ikut rusak," begitu yang dipikirkannya. Dia juga merasa bingung ketika halaman yang dia lihat kok tidak sesuai yang telah dia edit setelah suatu link diklik. Saya pun harus menjelaskan panjang lebar mengenai hal tersebut.

Hal Tersebut mungkin juga akan saya temui di kemudian hari saat membimbing orang lain. Jadi, saya membuat catatan ini saja saat saya tiba-tiba ditanyai lagi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengunduh halaman web adalah sebagai berikut.

1. Halaman yang Anda Unduh Tidak Benar-benar Lengkap

Ketika membuka kembali halaman yang telah Anda unduh, kemungkinan Anda akan mendapati tampilan yang kurang mengenakan. Bisa saja tata letaknya tidak karuan atau bisa saja gambar yang seharusnya ada malah tidak muncul.

Gambar 1. Beberapa Gambar Tidak Muncul

Hal tersebut disebabkan halaman yang Anda unduh tidak benar-benar lengkap. Meskipun halaman yang Anda unduh sudah menyertakan gambar-gambar yang seharusnya ada, bisa jadi ada beberapa file yang tidak ikut terunduh dan hanya bisa diakses melalui website aslinya.

Hal tersebut semakin parah ketika Anda tidak terhubung dengan internet. Hal ini karena memang ada beberapa file yang hanya bisa ditampilkan saat Anda dalam kondisi daring (dalam jaringan).

2. Anda Hanya Mendownload Satu Halaman, Bukan Keseluruhan Web

Ketika mengeklik link yang ada pada halaman yang Anda unduh, Anda akan diarahkan pada halaman web aslinya. Dan ini menimbulkan masalah, antara lain sebagai berikut.
  • Anda mungkin merasa menemui halaman yang Anda inginkan ketika daring, namun tidak bisa meng-edit-nya. Jelas saja Anda tidak bisa meng-edit-nya karena memang halaman yang Anda buka belum terunduh.
  • Ketika Anda dalam kondisi luring (luar jaringan), Anda akan menemui halaman error atau halaman web tidak ditemukan. Hal ini disebabkan Anda mencoba membuka halaman yang memang hanya bisa diakses ketika online. Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu dan menghubungkan halaman tersebut dengan link yang Anda inginkan untuk membuatnya aktif saat luring.
Gambar 2. Halaman Tidak DItemukan

Penutup

Dua hal sederhana tersebut biasanya membuat bingung bagi yang baru pertama berhubungan dengan dunia web dan belum memahami dasar-dasarnya. Dengan memahami dua hal di atas, saya rasa agak sedikit memberikan pemahaman bagi yang sebelumnya belum tahu. Apabila Anda merasa masih ada bagian yang kurang jelas, silahkan bertanya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Cara Meng-Install Apache Web Server dan PHP di Ubuntu