Membuat Database MySQL Baru Melalui Terminal di Ubuntu 22.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad.

Singkatnya, kita bisa menggunakan command CREATE DATABASE nama_database;. Tapi, saya perlu menambahkan konteks di sini. Berikut konteksnya.

Konteks

Sebelumnya, saya telah menulis cara menampilkan semua tabel di Terminal Ubuntu 22.04. Tentu saja kita tidak hanya bisa melakukan hal tersebut. Masa iya kita tidak bisa membuat database baru via Terminal? Tentu saja bisa.

Hal pertama yang perlu kita lakukan tentu saja membuka Command Line Interface (CLI)-nya MySQL via Terminal. Saya sudah membahas caranya pada artikel ini. Namun, saya akan coba me-refresh tahapnya di sini sekali lagi.

Pertama, buka Terminal di Ubuntu 22.04 dengan menekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T secara bersamaan. Kemudian, jalankan command berikut.

mysql -u root

Apabila ada permintaan untuk memasukkan password sudo, masukkan saja.

Tentu command di atas hanya bisa dijalankan jika kita sudah meng-install MySQL Server di Ubuntu kita. Selain itu, command tersebut juga bisa dilakukan jika memang kita sudah mengonfigurasi user root kita di dalam MySQL Server tersebut.

Anyway, jika berhasil, kita akan menemui tampilan seperti ini.

Luar biasa. Sekarang saatnya kita membuat database baru.

Cara Membuat Database Baru

Seperti yang sudah saya sampaikan pada paragraf pertama artikel ini, caranya adalah dengan mengetikkan command berikut pada tampilan CLI MySQL.

CREATE DATABASE nama_database;

Kemudian, tekan Enter.

Silakan ganti nama_database dengan nama database yang ingin Anda buat. Pada contoh ini, saya menggunakan test_uppercase sebagai nama database-nya. Apabila berhasil, kita akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini.

Kita bisa mengecek apakah database benar-benar berhasil dibuat dengan menggunakan command SHOW DATABASES seperti yang pernah saya bahas di sini. Coba kita cek.

Nah, kan. Berhasil.

Ohiya, jika Anda tidak suka atau tidak bisa mengetik command dengan menggunakan huruf kapital semua, Anda tetap bisa menjalankannya meski dengan huruf kecil semua.

Berikut buktinya.

Coba kita cek lagi menggunakan SHOW DATABASES;

 Mantap.

Atau, ketika Anda tidak sengaja menekan tombol Shift saat tengah mengetik command, atau bahkan jika Anda memang suka mengetik dengan gaya alay, hal tersebut tidak masalah.

Berikut buktinya.

 Coba kita cek lagi.


Mantap sekali.

Semoga bermanfaat.

Referensi

  1. https://dev.mysql.com/doc/refman/8.0/en/creating-database.html

Wallahul muwafiq ilaa aqwamith thooriq.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS