Saya Mematikan Adsense di Blog Ini

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil 'Alamiin. Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad.

Tadi pagi (atau siang), saya menerbitkan tulisan perihal proyek pribadi yang sedang saya kerjakan. Setelah saya menerbitkannya, saya sebenarnya memiliki keinginan untuk menulis lagi. Namun, saya merasa sudah lelah saja. Saya malah melanjutkan aktivitas saya dengan menonton drama Korea.

Akhirnya, sore ini saya merasa agak lebih bugar. Jadi, saya mulai menuliskannya saja. Yah. Meskipun tulisan kali ini juga tidak berkaitan dengan topik blog ini. Saya merasa tidak terbebani lagi perihal apa yang saya tulis di blog ini karena saya tahu tidak ada yang membaca blog ini.

Memangnya, Apa yang Saya Lakukan?

Jadi, sudah sejak beberapa hari yang lalu, saya memiliki keinginan untuk mematikan widget Adsense di blog ini. Jika Anda pernah mengunjungi blog ini beberapa waktu yang lalu, Anda akan menemui beberapa banner iklan. Namun, tadi pagi, saya mematikan widget tersebut.

Screenshot tampilan Adsense di Blogger yang nonaktif
Gambar 1. Pengaturan Adsense di Blog Ini Nonaktif


Mengapa Saya Melakukan Hal Ini?

Sebenarnya, saya memiliki pemikiran ini semenjak beberapa bulan yang lalu. Saya memiliki pemikiran ini karena beberapa alasan.

Pertama, Adsense tersebut tidak ada gunanya karena tidak ada yang mengeklik. Seperti yang telah saya tulis pada tulisan saya sebelumnya, blog ini tidak menghasilkan banyak pengunjung. Minim pengunjung itu sama saja dengan minim klik Adsense. Minim klik Adsense itu sama saja dengan minim income.

Bahkan ini lebih parah karena tidak ada satu pun yang mengeklik Adsense-nya.

Kedua, banner Adsense tiba-tiba tidak muncul, namun space untuk menampilkannya masih ada. Hal ini menyebabkan ada bagian yang terlihat kosong di blog saya karena saya sudah menyiapkan sebidang area untuk menampilkan adsense, namun iklannya tidak muncul. Saya kurang suka tampilan blog saya yang seperti itu.

Akhirnya, saya menghapusnya tadi siang. Mumpung saya membuka Blogger, pikir saya. Hehe.

Apa yang Saya Harapkan Setelah Melakukan Hal Ini?

Saya berharap, dengan saya menghapus Adsense di blog ini, saya menjadi semakin lepas dalam memublikasikan tulisan di blog ini karena sudah tidak ada beban. Jujur saja, adanya Adsense membuat saya memiliki beban.

Saya juga berharap, pembaca semakin merasa nyaman membaca di blog ini karena tidak terganggu dengan iklan. Itu pun jika ada yang berminat membaca blog ini. Hehe.

Wallahul muwafiq ilaa aqwaamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Penamaan Tabel yang Baik di Database: Plural atau Singular?