Adakah Fitur Page Break di DOMPDF?

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil 'Alamiin. Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad.

Setelah sebelumnya saya memikirkan bagaimana cara meng-generate PDF dengan orientasi potrait dan landscape, kali ini saya memikirkan bagaimana membuat page break menggunakan DOMPDF.

Sekadar informasi, page break adalah fitur yang jika di Microsoft Word, fitur ini bisa digunakan dengan cara menekan Ctrl+Enter. Fitur ini akan membuat kursor berada di halaman baru berikutnya tanpa harus bersusah payah menekan tombol Enter berulang kali.

Well. Tentu saja saya (lagi-lagi) googling.

Coba tebak apa yang saya temukan. Betul. Jawaban dari BrianS (lagi) di StackOverflow.

Yah. Anda pasti tahu bahwa pada pencarian saya sebelumnya tentang DOMPDF, BrianS juga yang menginspirasi saya.

Jawaban di StackOverflow - Jawaban dari BrianS Menginspirasi Saya


Ternyata, DOMPDF membuat pembuatan halaman secara 'automagically'. Ya. DOMPDF membuat perpindahan halaman secara otomatis. Ini berarti kita tidak perlu melakukan apa pun agar seluruh konten kita tampil semua di PDF yang sudah di-generate. Tidak ada properti untuk mengatur perpindahan halaman yang bisa kita atur di DOMPDF.

BTW, saya belum mengecek dokumentasinya, sih. Tapi tidak apa, saya pikir.

Namun, kita bisa menambahkan style di CSS-nya menggunakan properti page-break-after atau page-break-before. Kita bisa menambahkannya di elemen yang ingin kita tambahkan page break.

Well. Setidaknya, sampai di sini saya sudah bisa membayangkan apa yang bisa saya lakukan selanjutnya. Terima kasih, BrianS (lagi). Saya pikir, dia adalah ahli di per-DOMPDF-an.

Mungkin jika saya berhasil melakukannya, saya akan membuat tutorialnya sekalian. Tentu saja untuk membantu saya di kemudian hari atau untuk membantu orang lain yang membutuhkan hal yang serupa. Semoga saja bermanfaat.

Wallahul muwafiq ilaa aqwaamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengubah Icon Marker di Google Map Javascript

Project Leader CodeIgniter Meninggal Dunia

Penamaan Tabel yang Baik di Database: Plural atau Singular?