Langsung ke konten utama

Multiorientasi di DOMPDF, Bisakah?

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillaahi Robbil 'Alamiin. Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad.

Saat ini, saya sedang diminta oleh atasan langsung saya di UPN untuk membuat fitur print dokumen untuk aplikasi SKP. Saya tentu langsung iya-iya saja tanpa memikirkan terlebih dahulu seperti apa rumitnya.

Meskipun begitu, saya sebenarnya malas mengerjakan sesuatu yang menghasilkan output dokumen. Saya memiliki pemikiran bahwa membuat hal seperti itu tentu sangat merepotkan. Hehe.

Namun, saya tentu harus mengerjakan tugas tersebut. Saya kemudian bertanya ke kolega saya satu kantor sekaligus founder Warung Belajar. Tentu saja saat saya bertanya tentang hal tersebut, dia menyarankan saya mengikuti tutorial yang ada di blog-nya. Saya sih iya-iya juga. Langsung saya coba mengikuti tutorial tersebut yang ternyata menggunakan DOMPDF. Meskipun saya menemui sedikit kendala, toh saya bisa langsung bertanya ke pembuat tulisan tersebut.

Baik, pembuatan PDF sederhana sudah bisa. Namun, ada satu masalah di sini. Dokumen di SKP menghasilkan file PDF yang tidak hanya memiliki satu orientasi halaman. Dokumen tersebut membutuhkan orientasi landscape dan potrait. DOMPDF, setahu saya, tidak memiliki fitur seperti ini.

Namun, saya harus mencari cara agar hal tersebut bisa dilakukan. Saya pun menggunakan salah satu jurus andalan programmer, googling.

Untung saja, saya menemukan suatu jawaban di StackOverflow yang memberi secercah harapan kepada saya. Jawaban dari orang dengan username BrianS menjelaskan bahwa DOMPDF saat ini tidak memiliki fitur untuk menghasilkan PDF yang memiliki orientasi landscape sekaligus potrait. Namun, kita bisa mengakalinya dengan langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Generate PDF dengan orentasi landscape dan potrait secara terpisah.
  2. Gabungkan keduanya dengan menggunakan library untuk menggabungkan PDF.
Dalam keterangannya di jawaban tersebut, BrianS menyebutkan dua library yang mungkin bisa saya gunakan: pdftk (yang dulu dia gunakan) dan libmergepdf (yang dia rasa pantas untuk dipertimbangkan).

Jawaban di StackOverflow - Jawaban dari BrianS Menginspirasi Saya


Well, setidaknya sampai di sini saya sudah bisa membayangkan apa yang bisa saya lakukan selanjutnya. Terima kasih, BrianS.

Mungkin jika saya berhasil melakukannya, saya akan membuat tutorialnya sekalian. Tentu saja untuk membantu saya di kemudian hari atau untuk membantu orang lain yang membutuhkan hal yang serupa. Semoga saja bermanfaat.

Wallahul muwafiq ilaa aqwaamith thooriq.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update dari Composer 1 ke Composer 2 di Ubuntu 20.04

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu sebal ketika menjalankan composer install atau composer update karena kecepatannya sangat lambat? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut. Saya selalu mengalaminya saat menggunakan Composer versi 1. Dalam pengumumannya pada 24 Oktober 2020, Composer mengumumkan bahwa mereka telah merilis Composer versi 2. Hal yang paling menarik perhatian saya tentu saja pada peningkatan performanya. Anda bisa melihatnya di sini . Gila. itu cepet banget, sih, menurut saya. Tentu, saya tertarik meng- upgrade versi Composer saya agar bisa menikmati kecepatan tersebut. Ingat, ngoding itu membutuhkan waktu yang lama. Cukup ngoding yang lama, composer install jangan.   Sebenarnya, saya sudah menemukan cara meng- upgrade Composer 1 ke Composer 2 di sistem yang saya gunakan, Ubuntu 20.04 di sini . Namun, saya ingin menuliskannya lagi

Cara Mengatasi "Access denied for user 'root'@'localhost' (mysqli_real_connect(): (HY000/1698))" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda selalu menjumpai error tersebut ketika melakukan update di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga selalu mengalami hal tersebut setiap selesai menjalankan sudo apt upgrade . Well . Sebenarnya tidak selalu. Mungkin lebih tepatnya adalah ketika sistem melakukan update pada MySQL-nya. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka mysql sebagai root

Cara Mengatasi "Login without a password is forbidden by configuration (see AllowNoPassword)" di Ubuntu 20.04 LTS

Bismillahirrohmaanirrohiim. Alhamdulillahi Robbil 'Alamiin. Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidinaa Muhammad. Apakah Anda menjumpai error tersebut setelah meng- install MySQL Server di Ubuntu Anda? Jika iya, berarti kita mengalami hal yang sama. Saya juga mengalami hal tersebut setelah meng- install MySQL Server. So , pada artikel kali ini saya menunjukkan cara yang saya lakukan untuk mengatasi error tersebut. Ohiya. Sebenarnya, saya sudah lama menemui error ini dan sudah mengatasinya berulang kali dengan membuka kembali link ke StackOverflow yang pernah saya ceritakan pada artikel terdahulu . Lalu, mengapa saya menulis ini? Agar saya lebih mudah saja melakukannya secara terstruktur tanpa harus klik dan scroll-scroll jawaban di StackOverflow tadi. Baiklah, mari kita mulai saja. Langkah-langkah Mengatasinya Pertama, buka terminal . Buka /etc/phpmyadmin/config.inc.php menggunakan nano dengan menjalankan perintah berikut. sudo nano /etc/phpmyadmin/config.inc.php Masukkan passw